PENYEBAB
Selama ada sekelompok orang, akan ada konflik. Mari kita lihat apa penyebab miskomunikasi di tempat kerja:
- Non-cooperative - Tidak ada kerja sama antar karyawan, atau manajemen dan karyawan, dan yang menimbulkan miskomunikasi di tempat kerja.
- No Feedback - Tidak ada komunikasi yang efektif dengan cara memberikan feedback untuk yang lain. Yang ada hanyalah mengundang miskomunikasi di tempat kerja.
- Kritik - Ada banyak kritik dan fitnah di antara staf. The blame is placed on others and therefore there is mistrust and lack of confidence in others. Kesalahan ditempatkan orang lain dan oleh karena itu ada ketidakpercayaan dan kurangnya kepercayaan pada orang lain.
- Ancaman favoritisme - Ada kepercayaan umum bahwa beberapa ada orang yang sedang diberi preferensi lebih dari yang lain. Dan ini mengarah pada penurunan niat bekerja.
Ini adalah beberapa contoh miskomunikasi di tempat kerja. Terdapat beberapa alasan lain yang menyebabkan miskomunikasi di tempat kerja. Salah satu contoh yang paling umum miskomunikasi di tempat kerja adalah ketika sebuah pesan penting disampaikan melalui seseorang, tidak dengan berkomunikasi secara langsung. Dan jika mereka gagal untuk menyampaikannya secara efektif, otomatis menyebabkan konflik dan dengan demikian menyebabkan miskomunikasi di tempat kerja.
SOLUSI
Jika seseorang menyadari bahwa ada hal-hal yang dapat menyebabkan miskomunikasi di tempat kerja, maka akan lebih mudah untuk menghindari hal itu. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari (sejauh mungkin) kejadian miskomunikasi di tempat kerja:
Belajarlah untuk Berkomunikasi
Berkomunikasi dengan baik di tempat kerja sangat penting. Ini berarti bahwa ketika Anda mengajukan beberapa informasi dan mengharapkan hasil dari itu, maka Anda harus menjelaskan pesan yang anda kirim. Sebuah pesan yang samar-samar, tidak jelas dan terdapat banyak tafsiran, adalah salah satu penyebab terjadinya miskomunikasi yang paling ampuh di tempat kerja. Untuk menghindari itu, pertama merumuskan pesan sedemikian rupa sehingga tidak akan ada ruang untuk keraguan dan tidak akan ada ruang untuk menafsirkan dengan cara yang lain. Jika Anda hanya mengatakan sesuatu seperti "Saya ingin ini diselesaikan besok" dan tidak menentukan batas waktu, orang yang bertanggung jawab dan rincian lain, karyawan akan menafsirkannya sesuai dengan kenyamanan mereka dan akan menimbulkan konflik besar.
Memberi Penjelasan Ringkas
Jelas dan to the point. Jangan bertele-tele dan membahas topik yang tidak penting. Pesan harus sangat jelas dan ringkas sehingga masing-masing dapat saling memahami dan mengingat itu dengan baik karena pesan yang sangat panjang dengan banyak hal membingungkan hanya akan meningkatkan peluang miskomunikasi di tempat kerja.
Media Terbaik
Cari media terbaik untuk berkomunikasi pesan kepada karyawan. Sesuatu dengan cara yang akan mencapai semua pesan, dipahami oleh semua dan hasilnya pasti. Cari tahu apa media terbaik yang sesuai - apakah itu pertemuan? konferensi? Sebuah pertemuan empat mata? Sebuah surat umum? Atau menunjuk seorang anggota staf seperti SDM atau manajer yang memiliki hubungan besar dengan karyawan dan oleh karena itu dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam hal berkomunikasi? Setelah Anda mendapatkan media yang sempurna yang akan memenuhi semua kebutuhan Anda, banyak miskomunikasi di tempat kerja dapat teratasi.
Dapatkan Feedback
Setelah Anda telah mengirimkan pesan dalam cara yang paling efektif, bersantai-santai dan berpikir bahwa semua akan teratasi. Pastikan bahwa anda mendapatkan respon dari karyawan, tanyakan apakah mereka telah memahami sifat pesan dengan baik dan apa yang diharapkan dari mereka.
0 komentar on "[TULISAN] MISCOMMUNICATION - MISKOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA"
Posting Komentar