.:: CHATBOX ::.

Rabu, 23 November 2011

TUGAS 3 [BAHASA INDONESIA 1]


1. Data Publikasi
a. Judul : Keamanan Makanan, Sebuah Impian Baru
b. Penulis : Wahyu Hidayat
c. Penerbit : Majalah Healthy Life
d. Tanggal : Edisi 02/V Februari 2006
e. No. Hal : 22 – 23
f. Tema : Kesehatan


2. Sinopsis
Kasus formalin telah menguak kasus-kasus lain di bidang food safety di Indonesia. Sungguh banyak masalah toksin dalam makanan yang pernah mencuat, tapi lalu menguap begitu saja. Selain itu pemakaian zat pewarna terlarang seperti pewarna tekstil yang dengan mudahnya masih kita lihat digunakan dalam makanan jajanan sehari-hari di seluruh pelosok tanah air, yang celakanya, banyak ditemukan di tempat jajan di sekolah dasar! Disini kita sebagai konsumen harus cerdas dalam memimilih makanan, kalau tidak maka kita sendirilah yang akan selalu menjadi korban. Pengetahuan dan kepedulian masyarakat produsen dan pedagang harus berhadapan dengan kepentingan lain : meraih keuntungan secepatnya. Inilah dilema keamanan pangan di negeri kita. Bahan-bahan berbahaya merebak dimana-mana dan makanan yang aman pun bisa-bisa hanya akan menjadi impian kita belaka.

3. Keunggulan
Tema yang diangkat dalam artikel ini sangat bagus. Artikel ini dapat memberi pengetahuan dan meningkatkan kepedulian masyarat kita akan bahaya cemaran pangan. Artikel ini pun dilengkapi dengan pendapat-pendapat ahli pangan.

4. Kelemahan
Tidak disebutkan makanan apa saja yang tecemar bahan-bahan berbahaya yang sudah beredar. Tidak dijelaskan pula jenis-jenis bahan-bahan berbahaya tersebut, ciri-cirinya, dan dampak buruknya pada tubuh manusia. Lebih baik jika ada penjelasan yang lebih lengkap agar keingintahuan pembaca terpenuhi.

5. Pendapat Akhir
Sudah tidak dapat dipungkiri lagi makanan yang beredar saat ini tidak selalu aman dan layak dimakan. Kita tidak bisa terhindar dari makanan yang tercemar zat-zat berbahaya. Tapi dengan senantiasa makan sayur dan buah-buahan, kita terhindar dari efek-efek negatif yang masuk ke dalam tubuh. Dan satu lagi, masyarakat harus rajin menggali informasi tentang makanan yang sehat dan aman.

0 komentar on "TUGAS 3 [BAHASA INDONESIA 1]"

Posting Komentar

 

.::FEEL THE SUMMER BREEZE::. Copyright 2008 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet and s.Z.c.H.a | All Image Presented by Tadpole's Notez