.:: CHATBOX ::.

Sabtu, 24 Maret 2012

[TULISAN] KULINER KHAS MANADO


Indonesia kaya akan sajian kuliner yang enak untuk disantap. Puluhan jenis makanan dari berbagai daerah tersaji di sini dengan rasa yang berbeda-beda. Demikian pula Manado, kota di bagian utara Pulau Sulawesi memiliki ciri khas sendiri dalam sajian kulinernya. Berani “memainkan” bumbu menjadi ciri khas masakan Manado yang juga dikenal kaya cita rasa. Manado dikenal selalu menonjolkan cita rasa pedas di hampir tiap masakannya. Dibandingkan masakan dari daerah lain yang memiliki ciri khas yang relatif sama, masakan Manado penggunaan bumbu masaknya terbilang cukup royal. Perbandingannya, bumbu-bumbunya 2 sampai 3 kali lebih banyak daripada masakan di daerah lain. Di samping bumbu-bumbu cukup banyak, variasi bumbunya satu sama lain memiliki karateristik hampir sama, panas dan pedas. Seperti cabe rawit, jahe, kunyit, dan sebagainya. Semuanya dicampur menjadi satu dengan cabai merah. Selain rasa pedas, masakan Manado juga memiliki aroma yang khas karena hampir semuanya menggunakan bumbu, seperti kemangi, daun jeruk, pandan, daun mint, jeruk cui, dan sereh.

Beberapa sajian kuliner khas Manado yang terkenal diantaranya adalah :

  • Bubur Tinutuan . Tidak lengkap rasanya jika datang ke Menado tanpa mencicipi hidangan satu ini. Tinutuan memiliki arti “semrawut” atau “campur aduk”. Hal itu karena bubur ini dibuat dari berbagai macam bahan. Bubur yang biasa disajikan untuk sarapan pagi ini terbuat dari beras yang diolah bersama jagung dan bayam. Untuk menambah unik rasanya, sambal roa plus ikan asin yang digoreng kering turut pula disajikan.

  • Mie Cakalang. Mie Cakalang biasanya dapat dinikmati dengan bubur Manado sebagai menu sarapan, Mie Cakalang dapat disantap dengan dua jenis sambal yaitu sambal lombok ijo yang direbus sampai lunak lalu dicampurkan dengan cuka dan air serta garam atau juga dengan sambal lombok merah yang di tumbuk dengan sedikit bawang putih dan jahe lalu di campur dengan cuka dan air.

  • Ayam Rica-Rica.Ayam rica-rica adalah salah satu makanan khas Manado, Sulawesi Utara. Kata rica berasal dari bahasa Manado yang berarti "pedas" atau "cabai". Resep untuk membuat ayam rica-rica sangat beragam, begitu pula cara memasaknya, persamaannya hanya terletak pada rasanya yang pedas. Ayam rica-rica biasa disajikan dengan nasi dan bahan pelengkap seperti bawang goreng dan mentimun.


  • Sambal Roa. Sambal Roa atau sambal ikan roa, sambal dengan cita rasa khas yang penuh dengan rempah dan bumbu khas Sulawesi Utara. Ikan roa disebut juga ikan julung-julung, merupakan jenis ikan terbang yang hanya dapat di temui di Manado. Ikan inilah yang menjadi bahan dasar dari Sambal Roa. Sambal Roa cukup sensasional baik di rasa atau aroma dan berbeda dengan sambal lainnya pada setiap santapan, selera nusantara yang membuat makan semakin menyenangkan, pendamping ideal untuk segala jenis hidangan baik tumis, goreng ataupun sup.

Masih banyak hidangan kuliner khas Manado lainnya yang enak, unik, menarik dan pastinya patut anda coba, khususnya untuk anda penyuka makanan pedas.

2 komentar on "[TULISAN] KULINER KHAS MANADO"

Jfree85 on 28 September 2012 pukul 15.57 mengatakan...

kritik dikit ya...foto untuk makanan Tinutuan ngak terlalu enak dilihat, krn tinutuan ngak berwarna putih pucat kaya gitu...

s.z.C.h.a. on 11 Oktober 2012 pukul 17.50 mengatakan...

terima kasih atas kritikannya. foto tersebut sudah saya ganti. bagaimana dengan yang sekarang? :D

Posting Komentar

 

.::FEEL THE SUMMER BREEZE::. Copyright 2008 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet and s.Z.c.H.a | All Image Presented by Tadpole's Notez