.:: CHATBOX ::.

Kamis, 07 Juni 2012

TUGAS 2 [BAHASA INDONESIA 2] : RESENSI BUKU




CHICKEN SOUP FOR THE TEENAGE SOUL - KISAH-KISAH PEMBELAJARAN HIDUP PARA REMAJA


Pendahuluan :

Saya memilih buku ini karena buku ini adalah salah satu buku kesukaan saya. Saya memilikinya sejak saya SMP dan sampai sekarang masih membacanya karena ceritanya sangat menarik dan banyak pelajaran hidup yang dapat diambil dari setiap ceritanya.


Isi Buku (Ringkasan) :

Chicken Soup for the Teenage Soul adalah salah satu seri buku dari serial Chicken Soup for the Soul. Buku ini berisi kisah-kisah nyata para penyumbang yang dibagi dalam 8 genre, yaitu tentang pacaran, persahabatan, keluarga, cinta dan kebaikan, pembelajaran, masalah sulit, melakukan sesuatu yang berarti dan meraih cita-cita, dengan jumlah total 64 kisah. Sebagian besar teknik penceritaan yang digunakan adalah narasi. Namun, beberapa kisah lainnya disampaikan dalam bentuk puisi.

Masa remaja adalah salah satu masa tersulit dalam kehidupan, sekaligus masa yang paling menyenangkan. Pada masa ini kita menghadapi begitu banyak perubahan yang kadang-kadang memusingkan. Chicken Soup for the Teenage Soul akan membantu menghadapi masalah-masalah remaja ini. Buku ini akan menjadi sahabat remaja : yang mengerti perasaan mereka, yang ada saat mereka butuhkan, dan membangkitkan semangat saat segala sesuatunya terasa buruk dan menyedihkan. Kita dapat menambah pengalaman dan belajar dari kisah-kisah dalam buku ini, tanpa merasa dikritik atau dinilai. Dengan menampilkan sumbangan dari para bintang remaja dan banyak remaja lainnya, buku ini memuat pelajaran tentang : sifat persahabatan dan cinta kasih; pentingnya keyakinan akan masa depan; nilai rasa hormat pada dirimu sendiri dan orang lain; dan menghadapi masalah sulit seperti kematian, bunuh diri, dan kehilangan pacar.


 Kelebihan :
  • Cerita-ceritanya berdasarkan kisah nyata kehidupan remaja dan bahasa digunakan dapat dipahami para remaja.
  • Kisah yang terdapat dalam buku tidak berkesinambungan sehigga pembaca dapat memilih kisah yang diinginkan tanpa terikat pada kisah lainnya.
  • Pempartisian isi buku memudahkan pembaca memilah isi buku.
  • Bahasa yang tidak terlalu baku serta mudah dimengerti.
  • Disertai ilustrasi/gambar pendukung.
  • Terdapat kutipan-kutipan kata mutiara di sebagian besar awal kisah.
  • Covernya sederhana namun menarik.

Kesimpulan :
Buku-buku sejenis Chicken Soup for the Teenage Soul dapat memiliki kebermanfaatan yang relatif sama seperti, memberikan pandangan universal kepada pembaca tentang suatu permasalahan, dalam hal ini adalah masalah-masalah yang dihadapi remaja serta memberikan motivasi bagi pembaca.



1 komentar on "TUGAS 2 [BAHASA INDONESIA 2] : RESENSI BUKU"

Rachel Styles mengatakan...

Amazing book!!!
Love it!! <3

Posting Komentar

 

.::FEEL THE SUMMER BREEZE::. Copyright 2008 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet and s.Z.c.H.a | All Image Presented by Tadpole's Notez