.:: CHATBOX ::.

Minggu, 11 April 2010

[IBD TUGAS 4] KEINDAHAN INTELEKTUAL MASA RENAISANCE


Kata intelektual menurut KBBI memiliki pengertian berpikiran jernih berdasarkan ilmu pengetahuan. Sedangkan kata keindahan memiliki arti sifat yang memiliki keelokan. Jadi pengertian keindahan intelektual adalah pemikiran yang indah berdasarkan ilmu pengetahuan. Tulisan ini bukanlah mencari pengertian mengenai kata keindahan intelektual. Tulisan ini lebih memaparkan mengenai orang-orang yang memiliki keindahan intelektual di masa Renaisance.
Tak dapat dipungkiri, kita hidup di zaman di mana teknologi telah memegang peranan penting. Teknologi beralih begitu cepatnya, dan tentu saja semakin mempermudah kehidupan manusia. Tapi pernahkah terlintas bahwa teknologi yang dicapai sekrang ini berasal dari pemikiran para ahli filsafat dari zaman dulu, terutama zaman Renaisance?
Zaman Renaisance menjadi istimewa karena pada zaman inilah para filsuf melahirkan teori-teorinya mengenai alam semesta. Semangat yang mendasari jaman Renaisance ini ditandai dengan kalimat: Kenalilah dirimu sendiri, wahai keturunan ilahi dalam samaran sebagai manusia. Kalimat ini diucapkan oleh Marsilio Ficino, seorang filsuf zaman Renaisance. Dan memang, zaman Renaisance adalah kebangkitan manusia untuk mengenali dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya. Berikut dafta beberapa filsuf zaman Renaisance berikut sumbangannya terhadap pemikiran manusia masa kini.
  1. Galileo Galilei. Dia menyatakan bahwa ‘ukurlah apa yang dapat diukur dan buatlah agar dapat diukur sesuatu yang tidak dapat diukur'. Galileo Galilei adalah salah satu penemu teleskop, sehingga manusia zaman sekarang dapat mengenai benda-benda langit.
  2. Nicolaus Copernicus. Bukunyta Tentang Pergerakan Lingkaran Langit (On The Revolutions of The Celestial Spheres) menyatakan bahwa matahari-lah pusat tata surya. Hukum Heliosentrinya ini telah dibuktikan dan diyakini kebenarannya oleh manusia sekarang.
  3. Newton dengan hukum gravitasi universalnya yang menyebutkan bahwa semua benda akan jatuh karena gravitasi yang dipunyai bumi. Hukum gravitasi inilah yang memungkinkan pesawat dapat terbang, kapal dapat berlayar dan teknologi lainnya.
  4. Leonardo da Vinci. Selain lukisannya, Monalisa, yang fenomenal, Lonardo juga seorang filsuf dan ilmuwan. Catatan-catatannya mengungkapkan rincian yang teliti mengenai anatomi tubuh dan idenya mengenai teknologi yang telah kita pergunakan sekarang. Helikopter dan tank merupakan salah satu ide dari Leonardo da Vinci.
Banyak lagi filsuf dari jaman Renaisance yang dengar keindahan intelektualnya mampu mempengeruhi inteletualitas manusia jaman sekarang. Namuna, empat orang inilah yang keindahan intelektualitas masih ramai dibicarakan sampai sekarang.

0 komentar on "[IBD TUGAS 4] KEINDAHAN INTELEKTUAL MASA RENAISANCE"

Posting Komentar

 

.::FEEL THE SUMMER BREEZE::. Copyright 2008 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet and s.Z.c.H.a | All Image Presented by Tadpole's Notez